jump to navigation

Lagu lama dan lagu sayur 31 Desember 2006

Posted by mdamt in Gambang Kromong.
trackback

Sekarang mari kita bicara sedikit berbau teknis mengenai gambang kromong :)

Lagu betawi yang dibawakan oleh almarhum Benjamin memang kebanyakan berbahasa Betawi. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya lagu-lagu gambang kromong pada awalnya menggunakan bahasa melayu/Indonesia? Iya, dulunya lagu-lagu gambang kromong justru tidak menggunakan bahasa Betawi. Benjamin juga ada loh mengeluarkan lagu gambang kromong berbahasa Indonesia, contohnya lagu “Tukang Becak”. Btw, kalau saya bilang bahasa melayu berarti bisa juga berarti bahasa Indonesia.

Menurut om Yampolsky, lagu-lagu gambang kromong dapat dibagi atas dua kategori, tapi menurut saya dapat dibagi atas tiga kategori berdasarkan kronologisnya, yaitu lagu lama, lagu sayur, lagu modern.

*Lagu lama*
Lagu lama sesuai dengan namanya, memang lagu lama. Dikenal sejak awal abad ke-duapuluh ini, lagu lama dibikin dengan menggunakan komposisi musik ciri khas Tionghoa.

Ciri khas lagu lama, selain tidak menggunakan bahasa Betawi, sebuah lagu lama dapat dibagi menjadi tiga bagian komposisi, yaitu: Pobin, komposisi musik + vokal, Lopan. Lagu-lagu lama, konon dimainkan saat ada pesta keramaian, misalnya pernikahan, atau sebagai hiburan bagi orang-orang Tionghoa yang kaya raya dan dimainkan oleh musisi-musisi peranakan (keturunan asli Tionghoa).

Pobin merupakan musik pengantar sebelum komposisi musik dan vokal utamanya dimainkan. Durasinya singkat saja, dan jeda antara Pobin dan komposisi utama tidak terlalu terasa bahkan kadang seakan saling menyambung. Judul Pobin biasanya diberi nama berdasarkan nama-nama tokoh dalam cerita-cerita Tionghoa atau nama-nama Tionghoa berdialek Hokkien lainnya. Misalnya: Pobin Poa Si Litan, Pobin Pe Pan Tau, atau Pobin Kong Ji Lok. Hokkien? Ya karena asal mula gambang kromong ini memang dari daerah Hokkien alias Provinsi Fujian di RRT.

Komposisi musik dan vokal utama dimainkan monoton. Syair diambil dari kumpulan pantun yang dikoleksi penyanyinya. Lantunan suling, kongahyan, tehyan, (“biola” dan “viola”-nya gambang kromong) dan sukong (“cello”-nya gambang kromong) mendominasi selain gambang dan kromong. Tidak ada instrumen modern yang dilibatkan. Komposisi musik dan vokal ini diberi judul menggunakan bahasa melayu.

Lagu kemudian diakhiri oleh Lopan, yaitu musik pengakhir lagu. Judul Lopan juga biasanya menggunakan nama Tionghoa, tapi ada juga yang menggunakan judul melayu, misalnya Lopan Tukang Sado.

Jadi lagu lama dapat dikombinasikan antara Pobin, musik utama dan Lopan dan sering dijumpai beberapa lagu berbeda tapi menggunakan Pobin dan Lopan yang sama. Ada juga lagu yang menggunakan Pobin dua kali (Pobin – lagu – Pobin lagi).

*Lagu sayur*
Lagu sayur beda lagi, di sini, tidak ada yang namanya Pobin dan Lopan. Langsung dimainkan itu lagunya. Lagu sayur biasanya menggunakan instrumen tambahan, misalnya klarinet atau bahkan gitar Hawaii, karena memang musiknya dipengaruhi oleh musik dari daerah Sunda hingga lagu-lagu barat.

Liriknya menggunakan bahasa melayu yang kadang-kadang terselip dialek betawi. Pada penampilannya, lagu sayur sering dipakai untuk *ngibing* alias joget.

Kenapa namanya lagu sayur? Entah, dinamakan lagu sayur mungkin karena sayur sering dijumpai sehari-hari. Jadi lagu sayur = lagu sehari-hari?

*Lagu modern*
Nah lagu modern ini adalah gambang kromongnya model yang dibawakan oleh Benjamin. Berbahasa betawi, menggunakan instrumen campuran antara gambang kromong tradisional dan instrumen modern.

Jadi begitu….
Btw yang mau tahu lebih dalam lagi bisa dengerin koleksinya om Yampolsky di sini:

About these ads

Komentar»

1. yesi - 12 September 2007

boleh tau ga ya mengenai fungsi musik gambang kromong apa aja, selain mengiringi wayang cokek dan lenong betawi?
thx bgt

2. herry - 15 September 2007

boleh omm, aku mo dengerin lagu2nya

3. Susil - 6 Januari 2008

Boleh Saya tau Untuk Referensi Buku “Gambang Kromong” Tuk acuanya Saya Menggunakan Buku apa Saja.& di peroleh dimana???
oh…ya, Dalam Hal ini, Saya sedang studi Lapangan Tentang Kesenian Tradisi Gambang Kromong tuk studi kasus saya Dalam Era Generasi remaja kecintaannya dalam musik tradisional..trimakasih waslam…

4. Faisal - 16 Januari 2008

saya baru tahu tentang lagu lama dan lagu sayur. Saya tahu gambang kromong cuma yang modern saja. setelah setahun saya belajar Gambang Kromong, baru ini deh saya tahu bahwa dulunya pake bahasa melayu. saya kebetulan lagi bikin karya tulis mengenai G K, jadi nambah khazanah pengetahuan saya, terimakasih ya….

5. lukman abubakar - 19 Januari 2008

Gue lagi cari nih lagu2 betawi / gamang kromong

6. Tedi - 10 Desember 2009

Asalamualaikum wr.wb
Cang, Cing, Nya, Babeh tolongin entong nih soalnye entong pengen tau daftar lagu Gambang Kromong Versi Aslinye…. Atawe yang moderenNye juga ga ape2….?
Terus kasih tau tentang GROUP GAMBANG KROMONG yang masih exis sampe hari gini.
Contoh:Group Gambang Kromong Cahaya Subur Pimp. Bpk.Saman Piih AlamatNya:Kp.Cipayung Jl.Maliki 3 Rt.03/02 Kel.Abadi Jaya Kec.Sukma Jaya Kota Depok.

7. wulan - 26 September 2010

ww agy nyari asal mula gambang kromong ney.

gx ktemu2………….

8. malika - 11 Oktober 2010

gua lagi cari lagu lagu betawi harus semuanya lagi aduh gua pusing

9. nanda pramuchtia - 23 Oktober 2010

saya lagi nyari buku2 mengenai gambang kromong nih buat skripsi,mohon bantuannya yaaa…lagi mesen film anak naga beranak naga juga,film tentang gambang kromong,hehehe

10. Abedngo J Malaka - 23 Mei 2013

Dengrin lagu Betawi atau gambang kromong ingat jaman tempo dulu orang masih pada rukun


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: