jump to navigation

Dasimah 26 September 2006

Posted by mdamt in Pop.
trackback

Lagu tentang perselingkuhan zaman dahulu. Legenda Nyai Dasimah dilagukan dengan irama pop tapi tetap menggunakan gendang tradisional. Didengar dari suaranya dapat disimak betapa sangat menghayatinya Benjamin dalam membawakan lagu ini.

Berkali-kali saya dengar lagu ini, berkali-kali pula saya merinding. Bukan karena temanya yang menyeramkan (ada adegan tebas leher), tapi karena lagu ini benar-benar sangat bagus dibawakan oleh Benjamin, ditambah dengan musiknya yang juga sangat pas. Gendang yang membawa nafas legenda tradisional tidak terlalu mendominasi, riff gitar listrik vanila yang masuk setelah bait “Setan ceki, dendem setengah mati”, belum lagi iringan xylophonenya. Puas.

(Pata lembing pata paku)
(Selarat(?) daun delima)
(Biar katé, disruduk kambing abang mati kaku)
(Asal bisa’ idup amé nyai Dasimah)

Aduh-aduh boto(?)
Nyai Dasima, kembangnya Pejambon
Idup… idupnya sengsara, dodoy sayang
Jadi nyai nyai Belandé

Nyai kebedol atinyé
Amé Sami’un kusir sado Tané Nyonyé
Samé-samé jatú cinté, dodoy sayang
Ma’ Buyung comblangnyé

Hayati bini Sami’un,
Sétan ceki, dendem setengah mati
Minta’ tulung bang Uasé, bikin abis
Riwayat Nyai Dasimé, aduuuh

Nyai dipegat bang Uasé
Di jembatan, beléh kulon kampung Kwitang
Dibabat batang lehernyeh, aduuuh sayang
Dasimé tinggal naményéh

Nyai Dasimé ngeglundung,
Glundang glundung, nyemplung ke kali Ciliwung
Sami’un rontok atinyéh, aduuh sayang
Bunuh diri ikut nyemplung

(Dasimah…)
(Biar katé di lautan api…)
(Abang ikut juga’ Dasimah….)

Hayati bini Sami’un,
Sétan ceki, dendem setengah mati
Minta’ tulung bang Uasé, bikin abis
Riwayat Nyai Dasimé, aduuuh

Nyai dipegat bang Uasé
Di jembatan, belé kulon kampung Kwitang
Dibabat batang lehernye, dodoy sayang
Dasimé tinggal naményéh

Nyai Dasimé ngeglundung,
Glundang glundung, nyemplung ke kali Ciliwung
Sami’un rontok atinyé, dodoy sayang
Bunu diri ikut nyemplung

(Dasimah…)
(Biar katé di dunia kité ngga’ ketemu,)
(Di akherat kita bersamé Dasimah…)
(Dasimaaaahhh….)
(Dasimaaaahhh….)
(Dasimaaaahhh….)

Komentar»

1. benyamin - 27 September 2006

wah kalo mp3 nya bisa di download makin muanteb🙂

2. bayu - 8 Maret 2007

iya nih bisa didonlod ga bang…ane demen bener ni

3. mdamt - 8 Maret 2007

Ada kok lagunya di radio betawi kita: http://radio.mnots.eu:9001/betawi

4. bayu - 8 Maret 2007

makasi bang…ai enak bener ni lagu…ane puter ulang terus seharian kaga bosen2 sumpe…lanjot trus bang,ane dukung🙂

5. adi_SIgner - 4 Oktober 2007

serius bang ben emang nomer 1….
blom ade nyang bise nyaingi bang ben..
Hidup bang ben….
ente jadi Idole gw(kagak pernah ada matinya)

Hidup Bang Ben!!
Hidup Bang Ben!!!

Gw kangen sam karya-karya beliau..
Pokoknya salut buat Bang Benyamin Sueb.. VIVA BETAWI!!!

6. bedjo sarjono - 7 November 2007

aye pengen denger lagunya nih bang?ay3e penasaran banget pengen denger?bisa kagak bang?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: