jump to navigation

Kanal radio betawi baru di Internet 1 Maret 2007

Posted by mdamt in Pengumuman.
trackback

Banyak pemirsa blog ini yang meminta saya untuk berbagi koleksi lagu betawi yang saya miliki. Namun karena terbentur oleh masalah hukum (hak cipta, dsb) maka saya tidak melakukannya. Orang dapat saja mengunduh dan menyebarkan kembali lagu yang akan saya kongsikan.

Namun akhirnya saya putuskan untuk berbagi beragam lagu betawi yang saya punya dalam bentuk aliran lagu di Internet. Dengan menggunakan metode ini maka akan lebih sulit untuk merekam dan menyebarkan kembali, karena diperlukan program khusus yang dapat merekam aliran lagu, dibandingkan dengan menyediakan berkas lagu secara langsung yang mana dengan hanya melakukan satu klik, maka lagu dapat dibawa turun ke komputernya.

Namun karena koneksi Internet yang saya gunakan di rumah cukup kecil (hanya 512 kbps), maka saya putuskan untuk menurunkan kualitas data lagu menjadi laju audio 11025 Hz dan laju bit 64 kbps. Dengan kualitas tersebut, mirip-miriplah dengan kualitas yang diperoleh dengan menggunakan radio FM transistor😀 Jumlah pendengar yang aktif dalam satu masa juga dibatasi hanya 10 orang (9 orang termasuk saya :-D)

Berikut adalah daftar seniman yang lagu-lagunya dapat dinikmati melalui jalur radio internet ini:
* Benjamin S
* Eddy Sud
* Ida Rojani
* Inneke Koesoemawati
* Gambang Kromong Irama Bersatu pimpinan Oen Oen Hok
* Gambang Kromong Slendang Betawi pimpinan Ustari
* Grup Tanjidor Kembang Ros
* Orkes Kroncong Mutiara
* Rita Zahara
* Sumiati
* Tanji Modern Grup Marga Luyu
* serta beberapa seniman yang tidak saya ketahui (sampul kasetnya hilang, dsb)

Jenis lagu yang diputar cukup beragam, mulai dari genre rock hingga Lagu Lama, kroncong hingga dangdut, gambang kromong modern hingga Lagu Sayur. Jumlah lagu hanya sedikit, kurang dari 150.

Selamat menikmati…
Alamat radio Internet:
http://radio.mnots.eu:9001/betawi
http://radio.mnots.eu:9001/betawi

#Ingin berkontribusi?
Paling tidak ada dua jenis kontribusi yang dapat saya pikirkan sekarang:
1. Kontribusi lagu
Kirimkan lagu betawi yang Anda punya kepada saya. Sebelumnya kirimkan dulu judul lagu dan seniman yang membawakannya agar dapat saya cocokkan dengan lagu yang sudah ada.
2. Kontribusi jalur Internet
Bila Anda memiliki jalur Internet berlebih dengan laju unggah minimal 512kbps, silakan buat sebuah stasiun relay agar jumlah pendengar yang dapat menikmati radio ini dapat lebih banyak lagi.

#Catatan:
* Banyak lagu yang ada dalam radio ini masih dilindungi oleh hak cipta. Kalau ada pihak-pihak yang berkeberatan dengan adanya kanal betawi ini, maka dengan sangat menyesal layanan ini akan saya tutup.
* Saya tidak menjamin radio ini bisa hidup terus, kadang kala komputer yang digunakan untuk radio ini dimatikan atau dijalankan ulang.
* Saya tidak dapat menyediakan bantuan teknis bagi Anda yang kesulitan dalam mendengarkan radio ini, silakan hubungi bagian teknis kantor Anda atau tempat Anda berlangganan Internet.
* Akses tidak sah terhadap situs dan peladen radio.mnots.eu akan ditindaklanjuti dengan pemblokiran.

Komentar»

1. irfan - 6 Maret 2007

Bang! makasi banget! Saye lagi klangenan skr nih!

2. bangaiptop - 9 April 2007

Koneksi internet saya lumayan. Gimana yaa cara bikin internet radio relaynya?
Saya mau bantuin dong.

3. jokokeras - 28 April 2007

wah… bangs aye punya lagu dari albumnye Jiung band, kali2 aje bisa di masukin ke radio betawinye @ internet tuh….

ini ada alamatnye..
http://www.geocities.com/bukutamu_jiung/
http://www.myspace.com/jiungband/

hidup betawi..

4. gauz - 11 Juni 2007

kok erorrr ya

5. irfant - 25 Juni 2007

bang, redio nye kagak idup lagi ye? nape? aki nye soak? ape listriknye kontak? nyalain lagi ye. makasi!

6. Irfan - 26 Juli 2007

bang, redionye masi idup? kok aye kaga bisa ye? kenape? aki nye soak? ape listrik nye kontak?

7. mey - 4 Agustus 2007

gimana ya cara kerja radio internet n apa kelebihan radio internet ???????

8. FARIZ - 12 Agustus 2007

BANG MAKASIH. TAPI AYE MINTA TOLONG NI AMA ABANG TOLONG KASIIN AYE LAGU-LAGU ORKES TANJIDOR KEMBANG ROS AYE PERLU BUAT PELAJARAN KTK.PLIZZZZZZZZZZZZZZZZZ

9. frea - 14 November 2007

bang.. tau kagak daftar lagu2 betawi yang lengkapp? aye minte dong…

10. Pati Tihul - 24 Desember 2007

Woi…! Tubagus, kaset temen tubagus katanya mo di balikin. kontrak pinjemnye bukan udah abis. kasetnya masih ada ma aku nih. udeh gitu doank…
Mantep Nih Kuping Betawi…

11. rawi - 27 Desember 2007

katenye adaradionye mane nih


Tinggalkan Balasan

